Contact Us

Name

Email *

Message *

Inilah Cara Praktis Agar Tidak Menjadi Korban Penodongan di Angkot

Inilah Cara Praktis Agar Tidak Menjadi Korban Penodongan di Angkot


Malam kemarin, tepatnya tanggal 9 April 2017 telah terjadi aksi penyanderaan oleh seorang penodong di dalam angkot KWK jurusan Rawamangun-Pulogadung sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu pelaku menaiki angkot yang hanya berisi tiga penumpang saja. Dua penumpang yang duduk di belakang diketahui bernama Isnawati, serta Risma yang sedang menggendong anaknya yang tertidur pulas dalam gendongan, sedangkan satu penumpang lagi duduk di kursi depan. Pelaku yang masuk ke dalam angkot tiba-tiba langsung menodongkan senjata tajam ke arah Isna dan Risma. Karena panik dan ketakutan, Isnawati pun berteriak sekencang-kencangnya. Teriakan tersebut membuat orang-orang yang ada di sekitar angkot berdatangan ke arah sumber suara.

Namun naas, saat warga mendekat ke arah angkot tersebut, Risma beserta anak yang digendongnya telah dijadikan sandera oleh pelaku. Pelaku menodongkan pisau ke arah leher korban yang hanya bisa pasrah. Beruntungnya, saat kejadian tersebut terdapat seorang polisi yang tengah melintas. Setelah kurang lebih 30 menit negosiasi antara pelaku dan pihak kepolisian, akhirnya pelaku berhasil dilumpuhkan dengan timah panas yang ditembakkan ke arah lengan pelaku.


Maraknya kejahatan di dalam angkutan umum ini membuat warga harus lebih berhati-hati saat berpergian dengan kendaraan umum. Pasalnya, kejahatan kini bertebaran di mana-mana, seperti di angkot, di kereta, di bus, di jalanan, ataupun tempat-tempat lain yang memungkinkan penjahat melakukan aksinya. Maka dari itu, kali ini YuKepo akan memberikan kiat-kiat agar terhindar dari kejahatan di angkutan perkotaan atau angkot.

1. Hindari penggunan barang berharga di depan umum

Saat di angkot ataupun di muka umum, usahakan untuk tidak memperlihatkan barang-barang berhargamu, seperti ponsel, laptop, dan uang dalam jumlah besar. Karena barang-barang berharga tersebut memicu penjahat untuk mencuri ataupun merampasnya darimu.

2. Hindari pakaian yang mencolok

Saat menaiki angkutan umum seperti angkot, hindari pakaian-pakaian yang dapat mengundang seseorang untuk berbuat jahat, seperti mengenakan pakaian yang seksi dan perhiasan yang berlebihan.

Saat di angkot ataupun di tempat-tempat yang ramai sekalipun, usahakan untuk tetap waspada terhadap sekelilingmu. Jika di tempat ramai saja kamu bisa kecopetan, apalagi di tempat sepi, kamu harus lebih memperhatikan lingkungan sekelilingmu. Toh, waspada gak ada salahnya kan demi kebaikan diri sendiri juga.

4. Selektif dan berhati-hati saat memilih angkot

Agar terhindar dari kejahatan saat berada di dalam angkot, ada baiknya kamu harus lebih berhati-hati saat akan menaiki angkot tersebut. Pilihlah angkot dengan kaca yang bening agar kamu terlihat dari luar, kaca bening membuat orang lain dapat melihat kejadian-kejadian di dalam angkot dengan jelas. Selain itu, pastinya harus dilengkapi dengan lampu yang berada di dalamnya, agar lebih terlihat jelas saat malam hari.

5. Bawalah alat pertahanan diri

Di mana pun dan kapan pun, cobalah lengkapi barang bawaanmu dengan alat-alat pertahanan diri seperti pepper spray atau semprotan merica dan stun gun atau alat kejut listrik. Selain kedua alat tersebut, kamu juga bisa menggunakan parfume jenis semprot untuk melumpuhkan penjahat. Tinggal kamu semprotkan tepat di matanya, maka penjahat pun langsung kabur.

Menjaga keamanan dan keselamatan diri sangatlah penting, terutama di kendaraan-kendaraan umum seperti angkot, bus, ataupun kereta. Kamu harus lebih waspada terhadap orang-orang dan lingkungan yang ada di sekitarmu. Jangan sampai kamu menjadi korban dari penjahat-penjahat yang memanfaatkan kelemahan dan kelengahanmu.



JIKA MENURUT ANDA BERMANFAAT, 
SILAHKAN BAGIKANKE TEMAN ANDA



No comments:

Post a Comment

Back To Top